Membuat surat dengan terisi otomatis dibagian tertentu agar tidak susah mengedit. Begini Caranya...
Membuat surat dengan mail merge di Microf, mempermudah kamu dan mengefisiensi waktu dengan link ke Microsoft Excel..
Sebelum melangkah lebih jauh, kita memerlukan Data Source/Sumber Data untuk data-data yang akan muncul secara otomatis. Terdapat dua cara untuk membuat Data Source, yaitu melalui Type a New List pada fitur Mailings atau membuatnya di Ms. Excel. Berikut cara membuat Data Source:
- Type a New List:
- Pada Menu Mailing
--> pilih Select Recepiebts --> Type a New List
- Kemudian akan muncul dialog
New Address List.
- Selanjutnya edit field (dengan menambah atau menghapus field yang tidak dibutuhkan) atau ubah judul tabel agar lebih mudah.
- Isi tabel.
Setelah selesai, klik OK dan tentukan tempat menyimpan file yang mudah diingat dan akan tersimpan dengan format .mdb
- Data Source Ms. Excel
1. Buat judul kolom sesuai kebutuhan
2. Masukkan data
Selanjutnya pada Menu Mailings --> pilih Start Mail Merge --> klik Letters
Kemudian untuk memasukkan data nomor dan alamat yang dikosongkan tadi, klik Select Recipients dan pilih Use an Existing List (dengan asumsi kita telah membuat Data Source sebelumnya). Apabila belum tersedia, cukup scroll ke atas dan ikuti cara membuat data source dengan Type a New List di atas.
Kemudian letakkan kursor pada posisi yang sesuai kemudian pilih Insert Merge Field dan pilih field yang sesuai pula. (Perhatikan posisi kursor dan nama field)
Setelah memasukkan semua field, tampilannya seperti berikut:
Untuk menampilkan data field tersebut, pada Menu Mailing --> klik Preview Result.
Langkah terakhir pilih Finish & Merge --> Print Document.
Post a Comment